Sabtu, 21 Maret 2009

SELAMATKAN BUMI TERCINTA


A. GERAKAN MATIKAN LAMPU

Kampanye global untuk menekan pemanasan global akan dilakukan dalam bentuk gerakan mematikan lampu sejagat. Tahun ini, kampanye yang diberi nama Earth Hour 2009 ini akan dilakukan serentak Sabtu 28 Maret. Seluruh penduduk dunia diimbau untuk mematikan lampu di rumah. Tidak perlu sehari tapi cukup satu jam saja dari pukul 20.30 hingga 21.30. Pastikan semua alat elektronik yang tidak terpakai dalam kondisi power off bukan stand by. WWF Indonesia memperkirakan, jika seluruh penduduk Jakarta mematikan lampu satu jam, cukup untuk mengistirahatkan kebutuhan listrik sebesar 300 MW. Ini juga akan mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta dan mengurangi emisi karbon dioksida sekitar 284 ton. Apakah Anda akan melewatkan kesempatan ini saat semua orang bahu-membahu memberikan perhatian sejanak kepada Bumi. Lagipula, menyelamatkan Bumi juga bisa dilakukan dengan langkah kecil seperti ini. Kalau kita bisa kenapa tidak?

Beritahukan kepada rekan, teman, kerabat, keluarga, teman, sahabat, musuh, dan siapapun orang yang anda kenal untuk sama-sama berpartisipasi dalam kampanye ini.

Mari bersama-sama selamatkan bumi.
Kalau bukan sekarang, kapan lagi,,?? Kalau bukan kita siapa lagi,,??

Mulailah dari hal terkecil..
Mulailah dari diri sendiri,,
Mulailah dari sekarang juga,,

B. AKIBAT ULAH MANUSIA

Sejatinya manusia diberikan keleluasaan untuk menikmati isi dunia. Manusia adalah makhluk hidup paling berakal, sebab diberikan kemampuan untuk membedakan benar salah, baik buruk, dan berbeda dengan binatang yang hanya berinsting dan bernafsu. Namun, sekarang kenyataannya manusia tak ubahnya dengan binatang, bahkan binatang terhina. Kerakusan manusia dalam berkehidupan telah membuat kerugian bagi sekitarnya termasuk kerugian bagi generasi penerus dunia ini. Ini erat kaitannya dengan acara GreenFest yang baru minggu lalu diadakan di Jakarta. Menjaga bumi untuk generasi selanjutnya merupakan hal yang penting dan mendesak.

Akibat ulah manusia dalam mencari keuntungan semaksimal mungkin tanpa melihat dampak terhadap lingkungan, bumi ini menjadi menderita. Konsumsi bahan bakar fosil yang berlebihan selain membuat cadangan bahan bakar semakin berkurang, juga membuat kadar polusi dan emisi meningkat. Terjadilah efek rumah kaca yang membuat panas di bumi tidak bisa dilepas ke ruang angkasa, termasuk panas dari matahari.

Hal tersebut mengakibatkan naiknya suhu bumi dan mempercepat pencairan es di kutub utara, jadi permukaan air laut di dunia menjadi meninggi dan volume air bertambah. Padahal di daratan, permukaan tanah terus menurun, akibat penyedotan air tanah terus-menerus lagi-lagi oleh manusia. Air laut yang bertambah dengan mudah masuk ke daratan dan mengancam pencemaran air tanah. Selain itu, permukaan tanah yang turun mengakibatkan ketika musim hujan, mudah terjadi banjir, dan diperparah dengan pengalihan daerah resapan/tampungan air seperti hutan dan danau menjadi lahan industri. Pengalihan hutan menjadi hal lain juga membuat rawan terjadi longsor. Jadi sadar kan kalau sebenarnya alam tidak salah? justru alam marah karena ulah manusia sendiri. Contoh gambar akibat ulah manusia :

Gambar : Banjir Baleendah Kab. Bandung ( February 2009)

Kita bisa mulai sadar kok, misalnya teman - teman yang mengendarai mobil dampaknya terhadap konsumsi bahan bakar fosil (apalagi memakai BBM bersubsidi), atau sering membuang air, kertas yang bahannya dari kayu di hutan, mari kita bersama memulai untuk merubah sifat tersebut. Kemudian menghemat listrik juga membantu PLN mengurangi bebannya termasuk konsumsi batu bara atau minyak untuk pembangkit listriknya. Juga jangan cemari tanah dan air dengan sampah-sampah apalagi yang berbahan dasar kimia. Mari kita jaga bumi ini bersama, untuk kelangsungan/ keberlanjutan anak cucu, cicit, buyut dan semua generasi mendatang manusia, karena bumi ini bukan milik kita. Bumi ini dan semuanya adalah titipan Allah jadi kita wajib menjaga dan merawatnya.


TEMAN-TEMAN MARI MENJAGA BUMI KITA TERCINTA, JANGAN LUPA BAHWA GENERASI MENDATANG JUGA MEMERLUKAN BUMI YANG NYAMAN

1 komentar:

  1. SALAM LESTARI.
    SAYA SANGAT MENDUKUNG DNG SAVING EARTH KITA..
    KUNJUNGI SITUS KAMI HTTP://WWW.JOE-SARDA.BLOGSPOT.COM

    TKS, JOE

    BalasHapus