Kamis, 19 Maret 2009

Perjalanan Hidup Penulis

Aku adalah anak kedua dari dua bersaudara dan aku terlahir dari seorang ibu pada hari kamis tanggal 09 April 1987 di sebuah desa di pinggiran timur kabupaten Boyolali. Kakak aku bernama Yohan Setyadi berprofesi sebagai Wiraswasta an udah mempunyai istri bernama Murjati, mereka berdua dikaruniai seorang putri yang cantik bernama Kurnilia Candra Pramuditya. Ibu aku bernama Endah Sugiyarni berprofesi sebagai Guru TK dan Ayah aku bernama Lestari berprofesi sebagai staf kantor di DPU PK Kab. Boyolali.

Beliau berdua adalah sosok orang tua yang sangat perhatian terhadap kedua anaknya. Mengenalkan arti susahnya mencari uang kepada anak – anaknya terutama aku. Yah walaupun kedua orang tua aku sebagai PNS tapi mereka tidak pernah berhenti berjuang demi kebahagiaan kedua anaknya. Ketika berumur 4 tahun aku mengenyam pendidikan di TK Dharma Wanita Jatirejo, kebetulan ibu aku sendiri yang mendidik aku waktu di TK. TK Dharma Wanita Jatirejo tempat aku mengenyam ilmu selama 2 tahun. Beranjak umur 6 tahun aku mengenyam pendidikan di SD Negeri 1 Jatirejo. Selama 6 tahun aku belajar dan menjadi ketua kelas di SD tersebut. Beranjak umur 12 tahun aku mengenyam pendidikan di SMP Negeri 1 Sawit selama 3 tahun. Masa – masa yang genting waktu smp karena masa pertumbuhan seorang anak. Pada suatu hari Gunung Merapi meletus sehingga mengakibatkan hujan abu, tapi semangat untu berangkat sekolah sekolah tidak pudar walaupun harus menembus rintik – rintik hujan abu.

Beranjak umur 15 tahun aku mengenyam pendidikan di SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI terkenal sebagai sekolah favorit swasta dan sangat disiplin. Jujur dari lubuk hati aku yang paling dalam selama 2 minggu aku tidak semangat belajar karena aku tidak bisa diterima di sekolah negeri. Setelah waktu berjalan akhirnya aku sadar, aku harus bangkit dari keterpurukan ini. Akhirnya aku bangkit untuk belajar dan trus belajar. Di SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI aku di kenal sebagai siswa yang sibuk karena mengikuti ekstrakurikuler, les dan kursus komputer di GMA Computer. Ekstrakurikuler yang aku ikuti antara lain Pramuka dan Marching Band. Marching Band di SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI merupakan marching band no 1 di kota Boyolali dan merupakan Grub Drum Band no 5 Se-JAwa Tengah. Di kelas 1 aku mempunyai teman baru dan mempunyai sifat yang berbeda – beda, dikelas 1 (1-6) aku mendapatkan juara 6. Ketika di kelas 2 di acak kelasnya dan aku ditempatkan di Kelas Unggulan (2-5), aku pun bertanya – tanya kenapa aku masuk kelas unggulan?? Ketika itu aku dengar kalau yang masuk kelas unggulan adalah peringkat 5 besar sedangkan aku peringkat 6. Tapi semua aku jalani apa adanya walaupun di situ ada satu siswi yang pintar banget.

Aku di kelas 2 meningkatkan belajar dan berdoa agar bisa masuk kelas penjurusan IPA dan doa aku dikabulkan sehingga aku masuk kelas 3 IPA 3. Lagi – lagi di kelas ini siswa – siswanya merupakan siswa yang kebanyakan berasal dari kelas unggulan waktu kelas 2. Kelas 3 SMA adalah penentuan masa depan (itu prinsip aku) dan aku lebih meningkatkan belajar dan berdoa. Ketika itu ada Presentasi dan Try Out dari mahasiswa STT Telkom Bandung. Aku beserta teman – teman mengikuti Try Out tersebut dan bertanya kapan gelombang 1 pendaftaran mahasiswa baru di buka. Setelah mendengar kalau gelombang 1 di buka, ayah aku menyarankan untuk mencoba mendaftar. Di benak aku, guru SMA dan les mana mungkin sisa dari sekolah swasta bisa diterima sedangkan selama ini yang diterima hanya siswa dari SMA no 1 di Kabupaten Boyolali. Bahkan pemilik lembaga tersebut menafsirkan peluang aku hanya 45 % di terima.

Aku mengikuti tes di Jogja walaupun sepeda motor saja pinjam dan muter – muter karena tidak tau tempat yang akan di tuju. Setelah tes aku sudah optimis di terima. Setelah menunggu 2 minggu akhirnya jam 5 pagi aku sms ke no yang di sediakan kampus dan pukul 05:35 WIB Hp ayah aku berdering dan aku baca lalu aku bilang Alhamdulillah. Kedua orang tua aku senang aku bisa di terima di Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi STT Telkom Bandung. Akhirnya aku berangkat ke sekolah tetapi tidak memberitahukan kepada teman – teman serta guru – guru. Setelah pulang sekolah aku ke tempat bimbingan belajar GMA computer, kebetulan pemilik bimbel tersebut guru bahasa Indonesia SMA BK 2 BOYOLALI ( Bu Endang ) dan aku bilang klo aku di terimadi STT Telkom. Beliau waktu itu senang dan aku sempat lihat beliau meneteskan air mata ternyata baru kali ini siswa SMA BK 2 BOYOLALI di terima di STT Telkom. Waktu itu aku berpesan agar jangan diberitahukan kepada guru – guru. Tapi apa boleh buat seperti menyimpan terasi saja walaupun di simpan dimanapun pasti akan tercium juga baunya. Akhirnya guru – guru mengetahui aku di terima di STT Telkom dan bertanya – tanya “setiyo” itu yang mana???? Ya maklumlah aku tidak terkenal dulu. Aku merasa aman karena teman – teman aku belum ada yang tau kalau aku diterima dan sebelum UAN aku sudah diterima di PT tinggal mikir UAN. Tapi lagi – lagi apa boleh buat seperti menyimpan terasi saja walaupun di simpan dimanapun pasti akan tercium juga baunya. Ketika itu aku berkumpul dengan teman – teman tiba – tiba teman Ayah aku, dia juga guru SMA BK 2 mengajar Sejarah ( Pak Sidik ) mengajak jabat tangan dengan aku dan bilang selamat ya diterima di STT Telkom. Yah teman – teman aku pada tau…… singkat cerita aku lulus dari SMA BK 2 dengan nilai yang memuaskan.

Setelah berumur 18 tahun dan lulus dari SMA aku melanjutkan belajar di Sekolah Tinggi Teknologi Telkom ( STT Telkom ) Bandung jurusan D3 teknik Telekomunikasi. Selama 3 tahun aku mengenyam pendidikan D3 di STT Telkom dan sekarang nama kampus aku berubah menjadi Institut Teknologi Telkom ( IT Telkom ), Kegiatan yang aku ikuti dikampus Bulu Tangkis dan KSR PMI Unit IT Telkom. Namun sekarang hanya organisasi KSR PMI Unit IT Telkom saja yang aku tekuni, terlebih tugas di KSR sangat berat apalagi waktu bencana melanda terutama di daerah aku tinggal sekarang ( Bandung Selatan ) bencana banjir pasti melanda setiap tahunnya. Sekarang aku berumur hampir 22 tahun dan melanjutkan kuliah S1 Teknik Telekomunikasi ( Ekstensi )di IT Telkom Bandung semester 2.

Aku tidak membanggakan diri aku sendiri tapi yang aku banggakan adalah :

1. Kedua orang tua aku yang merawat aku dari kecil serta membiayai hidup aku sampai sekarang.

2. Kakak aku yang membantu membiayai kuliah aku sampai sekarang.

3. Guru –guru aku dari TK sampai SMA terima kasih atas semua ilmu yang telah engkau berikan kepada aku.

Apabila ada guru dari TK samapi SMA yang membaca blog ini saya nitip salam sejahtera selalu.

Untuk Segenap keluarga SMA BHINNEKA KAEYA 2 BOYOLALI terima kasih dan hanya doa saja yang bisa saya berikan.

4. Teman – teman aku à Eka, puput, priyono, agus, arum, ajeng, emy, eti, galih dan lainnya yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu.

5. Teman-teman KSR PMI Unit IT Telkom Bandung, Selalu siap ya bencana tidak mengenal waktu dan terima kasih di bandung aku dapatkan keluarga baru.

6. Wanita yang paling spesial dihati aku: Triyatin calon pendidik anak negeri ini, makasih atas suportnya.


Anaknya Kakak aku, Ibu(Guru TK), Aku dan Triyatin Pacar aku (Calon Guru TK)

^_^ ^_^

$**************************************$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar